Gedung Sekolah SMP N9 TANJUNGBALAI

Mencerdaskan Siswa/i Dengan Mengutamakan Akhlaq Serta Penguasaan Teknologi Informasi Dalam Nuansa Dedikasi Disipin yang Tinggi :

Photobucket

Senin, 12 September 2011


ManCountingFingers BAGAIMANA cara kamu menghitung? Menggunakan jari tangan? Atau menggunakan alat Bantu?  Alat Bantu apakah yang pernah kamu gunakan? Sulitkah menggunakan alat bantu?
inka_2 Sudah sejak jaman dahulu manusia menggunakan alat untuk berhitung, orang purba melukis hewan buruan mereka padza dinding gua, Bangsa Maya di Mexico, menggunakan jari dan memahat pada tiang batu. Sementara bangsa Inca di Peru menggunakan untaian tali yang di simpul (disebut juga quipus) untuk menghitung pajak, inventaris, dan sebagainya.
TCMR-V18-P05a Sempoa atau dalam bahas inggris disebut ABACUS, awalnya merupakan cara menghitung di Babilonia dan Tionghoa, yaitu dengan membuat bulatan-bulatan dari tanah dan garis-garis di pasir. Di jepang sempoa disebut juga “soroban” yang terdiri dari “4-1” yaitu satu untaian manik dan 4 untaian dalam dua kelompok.



Bones _PASCALN  Seorang Skotlandia bernama John Napier pada tahun 1600 an menciptakan alat hitung bernama Napier’s bones, yaitu sebentuk batang-batang yang diletakkan dalam kotak, 037yang dapat digunakan untuk melakukan proses hitungan. Ada juga alat hitung yang disebut Pascal’s Adder, yang dibuat pada abad yang sama oleh ahli matematik Prancis Blaise Pascal. Selanjutnya Leibniz juga menciptakan mesin hitung leibniz


sexySlideRule_w Ada juga alat hitung yang bernama SLIDE RULES, atau mistar geser, mungkin ayah, atau kakek kamu yang bersekolah hingga perguruan tinggi pernah merasakan menggunakan mistar hitung ini. Prinsipnya adalah menggeser bilah mistar sedemikian rupa sehingga dapat ditemukan hasil proses perhitungan yang diinginkan.

mesin_hitung_remington_77_02_detail29-Calculator-Jumbo Semua alat hitung diatas mendasari proses yang kini berjalan pada computer. Dan kini kamu bisa dengan mudah menggunakan alat hitung seperti mesin hitung mekanis dan kalkulator. Kamu dengan mudah tinggal memencet tombol-tombol dan mendapatkan hasil dari segala proses hitungan yang kamu mau.
Ingat ya kalkulator hanya sebagai alat bantu. Kamu harus tetap berlatih menggunakan otak kamu untuk  menghitung, jangan “malas” dan tergoda buru-buru menyerahkan kepada kalkulator kamu.***
(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...